Gebyar Sosialisasi Akbar Pengawasan Pemilu Partisipatif

Jakarta – Bawaslu Republik Indonesia sukses menggelar Gebyar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif pada Minggu, (14/08). Acara yang dihelat di depan Kantor Bawaslu RI Jalan MH Thamrin 14 Jakarta Pusat hingga Bundaran Hotel Indonesia itu dimeriahkan oleh perwakilan dari Bawaslu Provinsi seluruh Indonesia dan dihadiri oleh ribuan pengunjung gelaran car free day yang bersama-sama menandatangani spanduk Tolak Politik Uang.

Gebyar Sosialisasi Akbar Pengawasan Pemilu Partisipatif merupakan salah satu cara Bawaslu untuk mengenalkan dan menyosialisasikan Pengawasan Pemilu Partisipatif kepada masyarakat. Bawaslu juga meluncurkan Pengawasan Pemilu Berbasis Sistem Informasi dan Teknologi dengan mengenalkan Aplikasi GOWASLU pada acara tersebut.

“Diharapkan dengan Gebyar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif ini, Bawaslu semakin dekat dengan masyarakat. Sehingga pengawasan pemilu tidak hanya menjadi perhatian Bawaslu, tetapi juga menjadi milik dan perhatian masyarakat,” kata Ketua Bawaslu RI, Muhammad dalam sambutannya.

Semua pemangku kepentingan yang terkait dengan penyelenggaraan pemilu turut hadir dalam Gebyar Sosialisasi tersebut. Mulai dari Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dan beberapa pejabat dari Kementerian Dalam Negeri, Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Jimly Asshidiqie, Ketua dan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), perwakilan dari Kepolisian Republik Indonesia, Kejaksaan Agung, Mahkamah Konstitusi dan Kementerian Pendayagunaan dan Aparatur Birokrasi.

Tak hanya Kementerian/Lembaga Negara, Gebyar Sosialisasi juga diramaikan dengan partisipasi Lembaga Swadaya Masyarakat dan penggiat pemilu seperti Perludem, Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) dan beberapa pemerhati pemilu lainnya.

Rangkaian kegiatan Gebyar Sosialisasi diawali dengan Senam Sehat bersama yang diikuti semua peserta dan masyarakat yang hadir. Selanjutnya, semua peserta mengikuti Fun Walk menyusuri Jalan MH Thamrin menuju Bundaran HI dan kembali ke Kantor Bawaslu. Acara dilanjutkan dengan peluncuran Aplikasi GOWASLU, orasi kebangsaan dan dialog tentang Pilkada Bersih dan Berintegritas.

Mendagri dan Pimpinan lembaga yang hadir juga menyambangi stand pameran yang menampilkan hasil pengawasan dan gambaran kerja pengawasan pemilu yang dilakukan oleh Bawaslu Provinsi dan Bawaslu RI. Setiap stand pameran menonjolkan kreatiftasnya masing-masing. Stand Bawaslu Provinsi terlihat meriah dengan hiasan khas provinsi masing-masing disertai tampilan baju adat, makanan khas dan ornament-ornamen khas setiap provinsi.

Mendagri Tjahyo Kumolo  sendiri ketika menyambangi stand Bawaslu Provinsi Sumatera Selatan berpesan agar tetap memastikan proses penyelenggaraan tertib dan patuh Undang-Undang kepada tiga orang Anggota Bawaslu Sumsel.

Acara yang dimulai pukul 06.00 hingga 11.00 WIB itu berjalan meriah. Antusiasme pengunjung terlihat dari setiap stand dan titik utama acara. Membuncah harapan agar pengawasan pemilu tidak hanya menjadi pekerjaan Bawaslu, namun juga menjadi tanggung jawab semua warga Indonesia. Sehingga pemilu demokratis yang dicita-citakan bisa dicapai dengan optimal.

Sumber

Publikasi Terkait

Belum ada komentar

Berilah komentar yang pertama dengan mengisi form di bawah.

Beri komentar