BAWASLU SUMSEL SOSIALISASI KELEMBAGAAN PENGAWAS PEMILU

Baturaja – Bandan Pengawas Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Selatan menggelar kegiatan Pengenalan Kelembagaan Pengawas Pemilu dengan subtema Sosialisasi Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 (06/08) di Hotel Bukit Indah Lestari Baturaja, Ogan Komering Ulu.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 6 (enam) Panwas Kabupaten/Kota yaitu Ogan Komering Ulu, Ogan Ilir, Prabumulih, Ogan Komering Ilir, OKU Timur dan OKU Selatan, Kesbangpol, Satpol-PP, KPU Kabupaten, Pimpinan Partai Politik di tingkat Kabupaten, Tokoh Masyarakat/Tokoh Agama, Organisasi Kemasyarakatan, Organisasi Kepemudaan serta BEM Universitas dan Sekolah Tinggi di masing-masing Kabupaten/Kota.

“Sosialisasi Undang-undang nomor 7 tahun 2017 tenang pemilihan umum ini penting kami sampaikan kepada masyarakat, karena ada perubahan mendasar dalam undang-undang ini, seperti perubahan Panwas menjadi Bawaslu Kabupaten, ujar Andika Pranata Jaya, Ketua Bawaslu Sumsel saat memberikan Sambutannya.

Diharapkan Bawaslu dapat memberikan pelayanan yang terbaik terhadap masyarakat serta peserta pemilu nanti, sehingga pada tahap awal sosialisasi juga menjelaskan terkait tugas dan wewenang lembaga pengawas pemili agar diketahui oleh bapak/ibu sekalin, tambahnya.

Wakil Bupati OKU Johan Anuar mengatakan pengawasan pemilu memang harus dilakukan untuk menjamin pelaksanaan pemilu sesuai dengan undang-undang.

“Pengawasa pemilu merupakan tanggungjawab kita bersama, untuk memastikan pelaksaan pemilu sesuai dengan aturan, sehingga terwujudnya pemilu yang demokratis”,Imbuhnya.

Ketua Panwas OKU Anggi Yumartha, mengatakan panwas OKU sangat berterima kasih kepada Ketua Bawaslu Sumsel, karena sudah mempercaya OKU sebagai tuan rumah kegiatan serta menjadi yang pertama sebagai tempat kegiatan sosialisasi ini, mudah-mudahan dengan adanya acara ini dapat meningkatkan peran serta masyarakat dalam pengawasan pemilu, tutupnya.

Materi sosialisasi terbagi menjadi 4 (empat) sesi yaitu, Sosialisasi Undang-undang nomor 7 tahun 2017, kelembagaan pengawas pemilu, rekrutmen panwas kecamatan serta sosialisasi tahapan dan pengawasan berbasis masyarakat.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Belum ada komentar

Berilah komentar yang pertama dengan mengisi form di bawah.

Beri komentar