Bawaslu Ajak Peran Serta Masyarakat Dalam Pengawasan Partisipatif Pemilu

Palembang – Seiring bergulirnya tahapan Pemilihan Kepala Daerah Serentak Jilid 3 Tahun 2018, Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia (Bawaslu RI) menggelar Diskusi Konsolidasi Pengawasan Partisipatif yang mengangkat tema “Penguatan Masyarakat dalam Pengawasan Tahapan Pilkada Tahun 2018 di Provinsi Sumsel”

Diskusi yang dihelat di Ruang Rinjani 1, Hotel Horison ultima pada Sabtu (5/08) ini menghadirkan Anggota Bawaslu RI Ratna Dewi Pettalolo dan M. Affifudin beserta Ketua Bawaslu Sumsel, Andika Pranata Jaya dan Ketua KPU Sumsel, Aspahani.

Peserta diskusi sebanyak 50 orang, terdiri atas unsur Organisasi Masyarakat, OKP, LSM, Mahasiswa dan Pelajar yang ada di kota Palembang.

Anggota Bawaslu RI Divisi Penindakan Pelanggaran yang juga merupakan anggota DKPP ex officio Bawaslu, Dr Ratna Dewi Pettalolo mengungkapkan, tujuan dari diskusi konsolidasi pada hari ini untuk memperkuat pertipasi masyarakat dalam melakukan pengawasan tahapan pilkada yang akan berlangsung 2018 mendatang.

“Kenapa poin masyarakat menjadi penting dalam pengawasan Pemilu, karena Pemilu adalah media yang disiapkan oleh konstitusi kita untuk memilih pemimpin, jadi kekuasaan rakyat yang kita miliki akan kita berikan kepada siapa yang kita percaya sebagai pemimpin daerah. Sehingga menjadi penting bagi kita untuk mengawasi hak kita agar tidak disalah gunakan,”ungkapnya.

Sementara itu pada sesinya, Ketua Bawaslu Sumsel menjabarkan lebih lanjut mengenai bentuk peran serta masyarakat dalam pengawasan partispatif Pemilu.

“Masyarakat yang tidak terlibat langsung sebagai jajaran Pengawasa Pemilu, dapat memberikan informasi awal di masyarakat, mencegah terjadinya pelanggaran, mengawasi dan memantau hingga melaporkan kejadian-kejadian apa saja yang berkaitan dengan tahapan Pilkada,” beber Andika.

Pada sesi setelah break makan siang, anggota Bawaslu RI Divisi Pengawasan dan Sosialisasi, M. Affifudin menjelaskan mengenai Bawaslu secara umum dan sekaligus mensosialisasikan rekrutmen jajaran pengawas Pemilu dari tingkat Provinsi hingga TPS. Sumsel sendiri saat ini sudah merampungkan rekrutmen Panwas Kabupaten/Kota, untuk Bawaslu Provinsi sendiri baru tahap hasil seleksi administrasi.

Di sesi terakhir, Ketua KPU Provinsi Sumatera Selatan, Aspahani mengangkat tema sinergitas KPU dan Bawaslu Provinsi Sumatera Selatan dalam penyelenggaraan Pemilu di Sumsel.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

 

Publikasi Terkait

Belum ada komentar

Berilah komentar yang pertama dengan mengisi form di bawah.

Beri komentar