51 Orang Panwas se-Sumatera Selatan Resmi Dilantik

Palembang – Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Selatan, Andika Pranata Jaya secara resmi melantik 51 orang Pantia Pengawas Pemlihan 17 Kabupaten/Kota se-Sumatera Selatan di Grand Ballroom Hotel Horison Ultima, Senin (28/08).

Hadir menyaksikan prosesi pelantikan tersebut Anggota Bawaslu RI, Fritz Edwar Siregar dan Gubernur Sumatera Selatan, H. Alex Noerdin, Walikota Palembang, Walikota Pagar Alam dan Wakil Bupati Muara Enim, serta yang mewakili Bupati dan Walikota se-Sumatera Selatan, FKPD Kabupaten/Kota dan Tim Seleksi Panwas Kabupaten/Kota.

Panwas Kabupaten/Kota yang baru dilantik dipastikan bekerja dan memastikan pelaksanaan Pilkada Tahun 2018 dan Pileg-Pilpres Tahun 2019 di Sumsel menjadi contoh pelaksanaan pemilihan kepala daerah di Indonesia.

“Jajaran pengawas Pemilu  harus memiliki modal SIM-P yaitu Solidaritas, Integritas, Mentalitas dan Profesionalitas sebagai surat jalan dalam menjalankan tugas dan melayani peserta kepala daerah, melayani pemilih menyalurkan aspirasinya”, ujar Andika.

Mudah-mudahan apa yang sudah dilakukan oleh Bawaslu Sumsel dalam 5 tahun terakhir dapat diteruskan dan dilanjutkan agar membuat Bawaslu ini menjadi lembaga yang dapat dipercaya, diyakini dan bisa memberikan kepastian hukum dalam pelaksaan pemilihan kepala daerah, sambungnya lagi.

Sedangkan anggota Bawaslu RI Fritz Edwar Siregar memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih terhadap timsel yang sudah bekerja dan memilih pengawas Pemilu di Sumsel dan selamat bekerja untuk Panwas Kabupaten/Kota yang baru dilantik, sekaligus mengingtkan bahwa agar panwas menjaga integritas dan kemandirian serta memastikan penyelenggaraan Pilkada berjalan dengan baik.

Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin meminta agar seluruh Panwas Kabupaten/Kota yang baru dilantik agar menjalankan tugas tegak lurus, mempunyai integritas dan tidak memihak ke calon tertentu.

‘’Laksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, jangan sampai ada pelanggaran dan gaduh karena berdampak pada Sumsel sebagai tuan rumah Asian Games 2018. Bersikaplah netral, tidak memihak, yang benar katakan benar’’ pungkasnya.

Setelah dilantik Anggota Panwas Kabupaten/Kota akan diberikan pembekalan oleh Ketua dan pimpinan Bawaslu Sumsel serta Tim Assitensi mengenai dasar-dasar organisasi Bawaslu, pencegahan/pengawasan dan tindak lanjut/penanganan pelanggaran.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

 

Publikasi Terkait

Satu komentar

  1. bambang

    apakah bawaslu sudah yakin dengan 51 panwascam yang dilantik tidak memalsukan status pekerjaannya? fakta ada juga yang sudah kontrak kerja dengan kementrian tetapi masih lolos sebagai panwascam? menurut syarat dan ketentuan tidak diperbolehkan seorang calon atau terpilih sudah memiliki kontra kerja dengan pemerintahan atau lainya?

Beri komentar