Bawaslu Sumsel Tunggu Partisipasi Perempuan Jadi Pengawas Pemilu

370 Pendaftar Panwas Serahkan Berkas

BAWASLU-SUMSEL : Masa Rekrutmen Panwas Pemilihan untuk Pilkada Gubernur Sumsel dan Pilkada Bupati/Walikota di Sembilan (9) Kabupaten/Kota, serta Pemilu Legislatif dan Pilpres, telah memasuki hari ke empat. Sepanjang Selasa (20/6), antuasiasme pendaftar meningkat tajam. hal ini terlihat dari tingginya pendaftar yang menyerahkan berkas di sekretariat Timsel di Gedung Bawaslu Prov Sumsel Jalan OPI Raya, Jakabaring.

Pantauan dari meja panitia, volume penerimaan berkas pendaftaran semakin tinggi dibanding hari sebelumnya. bahkan, menjelang tenggat waktu penutupan pukul 15.00, antrean pendaftar masih berlangsung. Sepanjang hari ini, pendaftar yang menyerahkan berkas berjumlah 169 orang, dengan rincian laki-laki berjumlah 145 orang dan perempuan 24 orang, sehingga total keseluruhan berjumlah 169 orang pendaftar menyerahkan berkas.

Peningkatan partisipasi perempuan yang ikut mendaftarkan diri menjadi pengawas pemilu juga terlihat di meja pendaftaran. Ketua Bawaslu Provinsi Sumatera Selatan Andika Pranata Jaya mengatakan, tingginya partisipasi perempuan di seleksi panwas pemilihan merupakan pertanda baik untuk kemajuan demokrasi di Bumi Sriwijaya. “Meski demikian, bila dilihat dari sebaran pendaftar perempuan, kita masih belum puas. Semoga saja di sisa hari pendaftaran, masih banyak perempuan yang ikut mendaftar. Jadi keterlibatan semua pihak akan terjadi dengan setara,” kata Andika.

Melihat animo pendaftar yang sangat baik, kata Andika, tentu tidak lepas dari sosialisasi yang dilakukan secara massif oleh Bawaslu Provinsi Sumatera Selatan. menurut dia, jika melihat keterpenuhan quota pendaftar, maka tidak akan ada perpanjangan masa pendaftaran yang akan dilakukan tim seleksi.

“Keputusannya kita tunggu sampai hari terakhir pendaftaran tanggal 23 Juni pukul 17.00” urai Andika.

Untuk memudahkan pendaftar, Andika menjelaskan, tidak perlu menunggu hari terakhir dan jam terakhir. Pendaftar sebaiknya menyerahkan berkas administrasinya terlebih dahulu, mengingat laporan dari panitia penerimaan pendaftaran, banyak ditemukan berkas pendafatar yang kurang memenuhi persyaratan. “Kalau yang bersangkutan segera mendaftar, panitia akan memberitahukan kekurangannya dan bisa langsung segera dipenuhi oleh pendaftar sebelum berakhir masa pendaftaran pada 23 Juni jam 17.00 WIB. Jadi lebih efektif buat pendaftar yang datang dari daerah,” urai Andika.

Sejak Dibuka empat hari terakhir, total pendaftar yang menyerahkan berkas dari hari pertama sampai hari ke-empat berjumlah 370 orang dengan rincian laki-laki berjumlah 333 orang dan 37 orang perempuan.

Info lengkap pendaftaran dan formulir pendaftaran dapat diakses melalui www.bawaslusumsel.net atau datang langsung ke sekretariat tim seleksi di Kantor Bawaslu Sumsel, Jl. OPI Raya, Jakabaring Palembang, mulai pukul 08.00 sampai dengan 15.00 WIB.

Publikasi Terkait

3 komentar

  1. eddy s

    Saya sudah mengirim berkas pada hari senin 19 juni 2017 via pos indonesia cab pagaralam. Yg ingin saya tanyakan mengapa nama saya blm trcantum pada rekap nama pendaftar dan apakah saya tidak lulus pemberkasan. Mohon penberitahuanya

Beri komentar