781 Pelamar, Timsel Tutup Pendaftaran Calon Panwas se-Sumsel

Palembang – Jumlah pendaftar calon panitia pengawas pemilihan kabupaten dan kota di Sumatera Selatan hingga Jumat (23/6/2017), pukul 17.00 WIB mencapai 781 orang. Bawaslu Provinsi Sumatera Selatan melalui tim seleksi telah menutup pendaftaran calon anggota Panwas secara resmi di Kantor Bawaslu Sumsel Jalan OPI Raya, Jakabaring, Palembang.

Usai penutupan pendaftaran tim seleksi akan melakukan proses verifikasi berkas administrasi calon anggota panwas yang sudah menyerahkan berkas dan dilanjutkan dengan mengumumkan nama-nama yang lulus seleksi administrasi.

Sekretaris Timsel Wilayah I Markoni Badri menyampaikan bahwa untuk wilayah I total keseluruhan yang mendaftar berjumlah 319 orang yang terbagi dalam 9 Kab/Kota dengan rincian laki-laki berjumlah 299 orang sedangkan perempuan berjumlah 20 orang, Kab MURATARA satu-satunya kabupaten tidak ada perwakilan perempuan yang mendaftar.

Disambung Yudha Mahrom, Timsel Wilayah II menyampaikan bahwa total keseluruhan yang mendaftar berjumlah 462 orang dengan rincian laki-laki 404 dan 58 perempuan yang tersebar di 8 Kab/Kota. Kota Palembang menempati urutan pertama pendaftar terbanyak dengan total 170 orang. Kemungkinan jumlah ini akan bertambah karena pendaftar yang mengirimkan berkas melalui Via Pos masih dapat diterima pada tanggal 3-4 Juli 2017 dengan cap/resi pos tanggal 22-23 Juni 2017.

Trend pendaftar yang menyerahkan berkas sepanjang proses penerimaan berkas oleh timsel selalu ramai dengan puncak pendaftar yang menyerahkan berkas pada hari ke-4 pendaftaran dengan total 169 orang.

Pendaftar berdasarkan jenis kelamin calon Panwas yang mendaftar didominasi 90% oleh laki-laki sedangkan 10% perempuan yang hanya berjumlah 78 orang.

Sedangkan dilihat dari sebaran komposisi jenis pekerjaan, pendaftar calon panwas berasal dari berbagai kalangan profesi seperti swasta, PNS, Guru/Dosen, Wartawan dan lain-lain.

“Setelah resmi ditutup proses pendaftaran oleh tim seleksi, dan pendaftar dinyatakan lolos seleksi administrasi, Tim Seleksi akan mengadakan tes tertulis. kapan waktu dan tempat pelaksanaannya, diumumkan bersamaan dengan pengumuman hasil pemeriksaan administrasi”, jelas Ketua Bawaslu Sumsel Andika Pranata Jaya.

Dalam proses seleksi juga Bawaslu dan Timsel membuka kesempatan kepada publik untuk memberikan tanggapan dan masukan terkait serangkaian proses seleksi melalui laman bawaslu-sumsel.go.id dan media sosial yang dikelola bawaslu Sumsel. Tanggapan juga bisa disampaikan langsung ke sekretariat tim seleksi di Kantor Bawaslu Sumsel, Jl. OPI Raya, Jakabaring, Palembang, pada hari dan jam kerja.

 

Publikasi Terkait

Satu komentar

  1. Misi pak, kapan ujiannyo?

Beri komentar