Bimtek Terpadu, Upaya Sinergikan Penyelenggara Pemilihan di Muba

Muba – Dalam upaya pemahaman yang sama pada saat Pemungutan dan Penghitungan suara pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Musi Banyuasin Tahun 2017 di Tempat Pemungutan Suara (TPS), Panwas Kabupaten Muba melalui Panwascam se-Kabupaten Muba menyelenggarakan Bimbingan Teknis Terpadu Pemungutan dan Penghitungan Suara di TPS bagi Pengawas Pemilihan Lapangan (PPL), Pengawas TPS, KPPS dan Saksi Pasangan calon

Kegiatan ini dianggap perlu dilaksanakan agar terwujudnya sinergi antar penyelenggara dan juga saksi sebagai pihak yang terlibat langsung pada saat hari pemungutan dan penghitungan suara 15 Februari 2017 nanti. Untuk gelaran perdana pada Senin (30/1) kegiatan ini dilaksanakan di tiga kecamatan, Sekayu, Plakat Tinggi dan Sungai Keruh dari rencana seluruh 14 Kecamatan yang ada di Muba.

Ketua Bawaslu Sumsel, Andika Pranata Jaya yang berkesempatan hadir dan menyampaikan materi dalam kegiatan bimtek yang diselenggarakan oleh Panwascam Sekayu di gedung Dharma Wanita, Sekayu menjelaskan materi terkait proses pada saat pra pemungutan suara,  hari pemungutan suara dan penghitungan suara serta pengisian form C1 plano beserta lampirannya di hadapan 184 PTPS dari kecamatan sekayu bersama PPL, KPPS dan saksi dari pasangan calon.

Perolehan suara masing-masing pasangan calon berawal dari penghitungan di TPS, jika masing-masing petugas yang ada di TPS mengerti akan regulasi di lapangan maka kesalahan yang terjadi pun bisa diminimalisir. Masing-masing petugas bisa memberikan koreksi sesuai dengan regulasi yang ada, sambungnya lagi.

Sedangkan di Kecamatan Plakat Tinggi, Pimpinan Bawaslu sekaligus Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga, Kurniawan bertindak selaku narasumber pada kegiatan dengan tajuk yang sama. Di tempat ini hadir 82 Pengawas TPS beserta PPL di setiap desa, KPPS dan Saksi Pasangan calon.

Sedangkan di Kecamatan Sungai Keruh sebanyak 98 Pengawas TPS beserta PPL di setiap desa, KPPS dan Saksi Pasangan Calon hadir untuk mendapatkan materi dari Tim Asistensi Bawaslu Sumsel, Edi Wahyuri beserta anggota Panwas Kabupaten Muba, Sigid Nugroho.

Publikasi Terkait

Belum ada komentar

Berilah komentar yang pertama dengan mengisi form di bawah.

Beri komentar