Bekali Panwascam, Panwas Muba Gelar Bimtek Pungut Hitung dan Rekap

Sekayu – Panitia Pengawas Pemilihan Kabupaten Mus Banyuasin menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengawasan Pungut Hitung dan Rekapitulasi Suara bagi Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) se-Kabupaten Musi Banyuasin. Bimtek tersebut digelar sebagai bekal bagi Panwascam untuk meningkatkan kapasitas dan kinerja PPL beserta Pengawas TPS dalam rangka menyukseskan pengawasan Pemilihan Bppati dan Wakil Bupati Musi Banyuasin Tahun 2017.

Bimtek ini menitik beratkan pada sisi teknis pelaksanaan pada masa persiapan, hari pemungutan suara dan proses penghitungan suara di tingkat TPS. Peserta yang merupakan 2 orang Panwascam dan 1 orang tenaga operator tingkat Kecamatan se-Kabupaten Musi Banyuasin disajikan materi berupa video proses pemungutan suara dimulai dari pembagian model C6 (pemberitahuan untuk memilih) hingga proses penghitungan suara di TPS beserta alat kerja pengawasannya.

Hadir sebagai Narasumber Ketua Bawaslu Sumsel Andika Pranata Jaya, dan pimpinan Bawaslu Sumsel Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga, Kurniawan sebagai pemateri pada Bimtek yang dilaksanakan selama 3 hari (27 s.d. 29 Januari 2017) di ruang pertemuan Hotel Ranggonang, Sekayu.

Langkah demi langkah beserta tips pengawasan bagi jajaran di bawah Panwascam dipaparkan oleh Ketua Bawaslu Sumsel kepada hadirin berdasarkan video yang diputar. Kemudian proses penghitungan suara di TPS pada pemgutan suara 15 Februari 2017 nanti dipertajam oleh Kurniawan selaku Koordinator yang membawahi pengawasan secara langsung.

Dengan digelarnya kegiatan ini, Panwas Kabupaten Muba berharap pelaksanaan pengawasan tahapan pungut hitung dan rekapitulasi suara kelak akan berjalan dengan baik, taat waktu dan taat azas. Karena di tangan Panwascam lah selaku perpanjangan tangan Panwas Kabupaten di tiap kecamatan, proses pengawasan pungut hitung dan rekapitulasi ini dapat ditularkan kepada jajaran di bawah, baik PPL maupun Pengawas TPS. Hingga tidak ada kendala berarti saat berlangsungnya proses tahapan yang sangat krusial ini.

Publikasi Terkait

Belum ada komentar

Berilah komentar yang pertama dengan mengisi form di bawah.

Beri komentar