Pertajam Wawasan Kampanye, Panwas Muba Gelar Bimtek ke Panwascam

Sekayu – Panitia Pengawas Pemilihan Kabupaten Musi Banyuasin kembali menyelenggarakan Bimbingan Teknis untuk meningkatkan kualitas SDM dijajaran pengawas di Kecamatan. Bimtek yang bertajuk Pengawasan Tahapan Kampanye ini dilaksanakan di Hotel Ranggonang sekayu dari tanggal 2 s.d 4 desember 2016 yang diikuti oleh Panwas Kecamatan se-Kabupaten Musi Banyuasin. Tahapan kampanye sendiri berdasarkan PKPU berlangsung dari tanggal 28 Oktober s.d 11 Februari 2016, untuk itu Panwas Kabupaten Musi Banyuasin melakukan Bimtek Tahapan Kampanye dalam rangka upaya pencegahan terhadap potensi pelanggaran yang dilakukan oleh Paslon Peserta PILKADA dalam melakukan kegiatan kampanye.

Berdasarkan Indeks Kerawanan PILKADA yang sudah disusun oleh Bawaslu Provinsi, di Kabupaten Musi Banyuasin sendiri terdapat beberapa pelanggaran pada proses kampanye di Pemilihan Kepala Daerah sebelumnya. Money Politic dan Keterlibatan ASN masih mendominasi pada kerawanan Pilkada pada saat Kampanye.

Dalam kesempatan ini, Ketua Bawaslu Provinsi Sumatera Selatan, Kasubbag. TP3 dan Tim Asistensi divisi Pencegahan menjadi narasumber dan menyampaikan materi terkait subtansi di tahapan kampanye. Kampanye pemilihan adalah kegiatan menawarkan visi, misi, dan program Pasangan Calon atau memberikan informasi lainnnya yang bertujuan untuk menyakinkan pemilih. Lingkup pengawasan yang harus diawasi oleh pengawas adalah kegiatan kampanye yang difasilitasi oleh KPU dan yang difasilitasi oleh pasangan calon itu sendiri. Dalam melakukan pengawasan ditahapan kampanye, Panwas Kabupaten dibantu oleh Panwas Kecamatan, PPL dan PTPS. Oleh karena itu Pengawas harus bisa memiliki wawasan yang luas sehingga bisa melakukan pencegahan terhadap potensi pelanggaran yang terjadi di tahapan pilkada terutama ditahapan kampanye, ujar Andika, menutup materi dalam kegiatan Bimtek ini. (anie)

Publikasi Terkait

Belum ada komentar

Berilah komentar yang pertama dengan mengisi form di bawah.

Beri komentar