Jajaran Pengawas di Muba Bahas Problematika DPT

Sekayu – Pasca ditetapkannya Daftar Pemilih Tetap (DPT) oleh KPU Musi Banyuasin, Panwas Kabupaten Musi Banyuasin menggelar Rakernis Hasil Pengawasan Coklit DPT Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Musi Banyuasin. Kegiatan yang diselenggarakan selama dua hari ini (26-27/12) diikuti oleh 42 orang peserta terdiri dari Divisi Pencegahan, Divisi SDM dan Organisasi, beserta staf sekretariat Panwascam se-Kabupaten Musi Banyuasin.

Ketua Bawaslu Provinsi Sumatera Selatan, Andika Pranata Jaya dalam sambutannya mengatakan bahwa DPT merupakan hal yang sangat penting dalam pelaksanaan PILKADA, karena DPT ini berkaitan pencetakan surat suara. DPT muba ini sendiri masih menyisakan berbagai masalah seperti masih terdapat nama-nama yang seharusnya dicoret tetapi masih ada di dalam DPT. Tujuan dari kegiatan ini adalah supaya permasalahan di DPT ini sendiri bisa diselesaikan, ujarnya.

Materi yang disampaikan dalam kegiatan ini adalah problematika DPT, Teknis Pengawasan DPT dan konsolidasi data hasil pengawasan faktual oleh jajaran Panwas di Muba. Berdasarkan hasil pengawasan di kecamatan, misalnya di kecamatan Lalan, hasil faktual PPL dilapangan masih ditemukan 61 nama yang masih bermasalah terdapat di DPT. Di Kecamatan Bayung Lencir, berdasarkan hasil faktual terdapat 238 nama di DPT masih bermasalah dengan rincian ganda sebanyak 134, pindah domisili sebanyak 46, fiktif sebanyak 21, meninggal dunia sebanyak 19 dan belum cukup umur sebanyak 18.

Dalam kegiatan ini juga dibahas terkait permasalahan e-KTP, dimana masih ada pemilih yang memiliki hak pilih tetapi belum melakukan perekaman. Hasil pengawasan ini tentunya dapat dijadikan acuan untuk dinas terkait dalam hal penerbitan surat keterangan yang nantinya bisa digunakan untuk penyaluran hak pilih. Adapun narasumber dalam kegiatan ini adalah Ketua Bawaslu Sumsel, Koordinator Divisi Pencegahan Bawaslu Sumsel, Kasubbag. TP3 dan Tim Asistensi bawaslu Provinsi Sumatera Selatan.

Publikasi Terkait

Belum ada komentar

Berilah komentar yang pertama dengan mengisi form di bawah.

Beri komentar