Jajaran Pengawas Pemilu Ikuti Bawaslu Leadership Development

Bogor, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Guna memperkuat lembaga, Bagian Sumber Daya Manusia (SDM) Biro Administrasi Bawaslu RI melaksanakan kegiatan Bawaslu Leadership Devolopment di Hotel Padjadjaran Suite Resort Bogor sejak Kamis (17/11) hingga Sabtu (19/11). Kegiatan yang bekerja sama dengan ESQ Leadership Centre ini mengundang seluruh komisioner Bawaslu Provinsi se-Indonesia beserta Panwaslih Aceh.

Kepala Biro Administrasi Dermawan Adhi Santoso menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk  meningkatkan kualitas dan potensi diri jajaran pengawas Pemilu. “Kegiatan ini diharapkan dapat menunjang pengabdian jajaran pengawas Pemilu dalam menjalankan tugasnya. Sebagaimana kegiatan ini menopang prinsip Soliditas, Integritas, Mentalitas, Profesionalitas (SIM-P),” ujar Adhi.

Sementara Ketua Bawaslu RI Muhammad mengatakan, salah satu pilar kepemimpinan negara ini bisa kokoh jika pemimpin yang ada dapat memberikan teladan bagi yang ada di bawahnya dan bisa mengayomi.

Muhammad menjelaskan, untuk memperkuat lembaga ini tentunya juga dibutuhkan pemimpin yang kuat, berkarakter, solid, dan berintegritas sehingga ke depannya Bawaslu semakin diperhitungkan menjadi lembaga pengawas Pemilu yang kredibilitasnya tidak diragukan.

“Mengutip dari sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim bahwa di dalam jasad itu ada segumpal daging. Jika ia baik, maka baik pula seluruh jasad. Jika ia rusak, maka rusak pula seluruh jasad. Dan segumpal daging itu adalah hati,” ujar Muhammad.

Maka dari itu, Muhammad meminta seluruh jajaran komisioner Bawaslu untuk memperbaiki dirinya menuju ESQ yang baik. Sebagaimana dari hadis tersebut yang semuanya harus bermula dari hati. “Bekerjalah dengan hati, bertindaklah dengan hati, dan berucaplah dari hati,” pungkasnya.

Penulis: Abdul Hamid

Sumber

Publikasi Terkait

Belum ada komentar

Berilah komentar yang pertama dengan mengisi form di bawah.

Beri komentar