Bawaslu Tekankan Pentingnya Pengawasan Data dan Daftar Pemilih di Muba

Sekayu – Setelah ditetapkan dan diumumkannya Daftar Pemilih Sementara (DPS) oleh KPU Muba untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Musi Banyuasin Tahun 2017. Panwas Kabupaten Muba menggelar Rapat Kerja Teknis Daftar Pemilih Sementara, Senin (21/11) yang dihadiri oleh Panwascam se-Kabupaten Musi Banyuasin dan Ketua beserta Pimpinan Bawaslu Sumsel sebagai pemateri.

Acara yang dilaksanan selama tiga hari ini bertujuan untuk menyamakan visi dan persepsi terkait data hasil pengawasan serta pencocokan dan penelitian (Coklit) yang dilakukan oleh Panwascam serta Pengawas Pemilihan Lapangan (PPL) dari Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang sudah diumumkan oleh KPU.

Rakernis ini juga digelar sebagai bentuk konsolidasi dan Konfirmasi data hasil Coklit dan Pengawasan yang dilakukan oleh Pengawas Pemilu di lapangan, agar data yang disampaikan bisa dipertanggungjawabkan dan disandingkan dengan data DPS yang telah ditetapkan oleh KPU Muba. Selain itu, berguna untuk melakukan pengawasan apakah DPS ditempel dan diumumkan oleh PPS di masing-masing desa untuk mendapatkan masukan dan tanggapan dari masyarakat.

“Kita ingin memastikan apakah PPL yang di bawah benar-benar bekerja dalam melakukan pengawasan coklit yang dilakukan oleh PPDP, dan terkait hasil kerja pengawasan agar bisa dipertanggungjawabkan” ujar Ketua Bawaslu Sumsel, Andika Pranta Jaya saat pengarahan sekaligus membuka acara.

Ia pun menghimbau agar Pengawas di tiap tingkatan memastikan Daftar Pemilih yang sudah seharusnya dicoret tidak ada lagi yang terdaftar di DPS dan Daftar Pemilih. Yang seharusnya ada di DPS tersebut sudah terdaftar di Daftar Pemilih Sementara (DPS). Selain itu, Output yang akan dihasilkan adalah adanya data pembanding antara data hasil verifikasi faktual PPL dengan data DPS yang dimiliki oleh KPU.

Di hari kedua, Pimpinan Bawaslu Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga, Kurniawan sebagai pemateri menyampaikan terkait pendalaman dan penguatan poin-poin konfirmasi hasil verifikasi faktual yang dilakukan oleh Panwascam pada saat melakukan pengawasan di lapangan.

“Pastikan data yang diinput dan disampaikan merupakan hasil riil, hasil vertual PPL by name by Address dan untuk mengetahui pola vertual yang dilakukan oleh PPL di Lapangan”, ujarnya.

Dengan adanya Rakernis ini diharapkan apa yang sudah dilakukan oleh Panwasacam dan data hasil  pengawasan coklit Pemutahiran Data dan Daftar Pemilih bisa menjadi masukan kepada KPU Kabupaten Muba, terkait Pemilih yang masih belum terdaftar di Daftar Pemilih Sementara (DPS). (iwe)

Publikasi Terkait

Belum ada komentar

Berilah komentar yang pertama dengan mengisi form di bawah.

Beri komentar