Bawaslu Ajak Masyarakat Muba Pastikan Pemilihan Berjalan Demokratis

Bayung Lencir – Mempersiapkan pengawasan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Musi Banyuasin Tahun 2017 secara khusus dan Pengawasan Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota serentak Tahun 2017 pada umumnya, Bawaslu Provinsi Sumatera Selatan bekerja sama dengan Bawaslu RI  menggelar Sosialisasi Tatap Muka Persiapan Pengawasan Pemilihan Serentak Tahun 2017 di aula serba guna Kecamatan Banyung Lencir, Kamis (14/10).

Ketua Bawaslu Provinsi Sumatera Selatan, Andika Pranata Jaya dalam sambutannya menyampaikan harapan agar Kecamatan Bayung Lencir dapat menjadi kecamatan yang benar-benar melaksanakan Pemilihan yang berintegritas dan bermartabat. Selain itu Kecamatan Bayung Lencir sendiri dapat menjadi daerah percontohan, karena daerah ini memiliki potensi terjadinya eksodus Pemilih karena berbatasan langsung dengan Provinsi Jambi. Panwas Kabupaten Muba beserta Panwascam Bayung Lencir diminta memastikan proses pemilihan berlangsung demokratis dan hasilnya diterima oleh masyarakat Musi Banyuasin.

Kegiatan ini sendiri menghadirkan pimpinan Bawaslu Republik Indonesia, Endang Wihdatiningtyas, selaku koordinator Divisi Administrasi dan SDM di tingkat pusat sebagai pemateri. Dalam paparannya, satu-satunya kartini di Bawaslu RI ini menyampaikan secara gamblang gambaran umum tugas Pengawas Pemilihan dalam mengawal proses Pemilihan agar berjalan jujur, adil dan demokratis dari awal hingga akhirnya.

Tak hanya disitu, orientasi pengawasan dengan berbasis pencegahan pelanggaran beserta tindak lanjut penanganan pelanggaran itu sendiri dijelaskan kepada para peserta yang terdiri dari unsur masyarakat dan stakeholders Pemilihan di level Kabupaten Musi Banyuasin.

Pada sesi berikutnya, Pimpinan Bawaslu Sumsel koordinator Divisi Pencegahan, Kurniawan mempertajam fokus dan pola pengawasan beserta potensi rawan yang akan terjadi di Kabupaten Muba. Dengan jajaran yang saat ini sudah sampai pada tingkat desa/kelurahan, diharapkan pengawasan akan berjalan efektif dan efisien.

Turut hadir Kaban. Kesbangpol Musi Banyuasin yang mewakili Bupati Musi Banyuasin, perwakilan Polres Muba, Perwakilan Dandim Muba, tokoh masyarakat, organisasi kepemudaan, Pimpinan Bawaslu Provinsi Jambi dan Panwas Kabupaten Muba beserta jajaran dalam kegiatan tersebut. (ricky)

Publikasi Terkait

Belum ada komentar

Berilah komentar yang pertama dengan mengisi form di bawah.

Beri komentar