Mendagri Bahas Persiapan Pemilihan Serentak 2017

Palembang – Dalam rangka mengoptimalisasi layanan Video Conference yang sudah ada, Kementrian Dalam Negeri melalui Dirjen. Otonomi Daerah menggelar kegiatan Video Conference dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan di ruang rapat Gubernur Sumatera Selatan, Selasa (27/09). Kegiatan ini membahas tentang kebijakan, permasalahan dan solusi terkait penataan kelembagaan perangkat daerah dan persiapan Pilkada serentak tahun 2017.

Sebagaimana diketahui bahwa untuk Provinsi Sumatera Selatan ada satu kabupaten yang akan melaksanakan Pilkada di tahun 2017 yaitu Kabupaten Muba. Untuk kesiapan Pilkada di tahun 2017 disampaikan langsung oleh Ketua KPU Provinsi dan Ketua Bawaslu Provinsi Sumatera Selatan.

“Secara garis besar proses tahapan penyelenggaraan Pilkada di Kabupaten Musi Banyuasin berjalan sesuai dengan tahapan, namun masih ada permasalahan di daftar pemilih karena baru sekitar 67 persen masyarakan muba yang memiliki E–KTP” ujar aspahani selaku ketua KPU. Dengan kondisi ini maka KPU Provinsi Sumatera Selatan harus berkoordinasi dengan disdukcapil Muba untuk mempercepat proses rekam E–KTP.

Dalam kegiatan pengawasan Pilkada, Ketua Bawaslu Sumsel Andika Pranata Jaya menyampaikan bahwa Bawaslu Provinsi Sumatera Selatan sudah membuat Indeks Kerawanan Pilkada (IKP) dan untuk Muba sendiri titik rawan yang perlu jadi perhatian adalah netralitas ASN dan penggunaan fasilitas negara dalam kegiatan tahapan pilkada khususnya kampanye. Hal ini disebabkan Plt. Bupati Muba yang akhir masa jabatannya baru akan jatuh pada bulan Januari tahun 2017. Oleh karena itu, peran Komisi ASN diperlukan untuk meminimalisir hal tersebut.

Acara dibuka oleh Kepala Biro Organisasi dan Tata Laksana Pemprov Sumsel dan dihadiri oleh Bawaslu, KPU, Kesbangpol, Biro Pemerintahan dan Biro Otonomi Daerah.

Publikasi Terkait

Belum ada komentar

Berilah komentar yang pertama dengan mengisi form di bawah.

Beri komentar