Finalisasi IKP Muba 2017

Sekayu – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Sumatera Selatan kembali menggelar Focus Group Discussion (FGD) untuk yang kedua kalinya dalam rangka finalisasi Indeks Kerawanan Pilkada (IKP) Kabupaten Musi Banyuasin tahun 2017 dengan mengundang Camat di 14 Kecamatan se-Kabupaten Muba yang juga dihadiri juga oleh perwakilan dari KPU Kabupaten Muba, Kesbangpol, BPS, Dishubkominfo dan Polres Muba untuk mendapatkan masukan dan konfirmasi terkait data-data yang sudah dikumpulkan oleh Tim IKP Bawaslu Sumsel, Kamis (09/06) di Wisma Atlet, Sekayu.

Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Sumsel , Kurniawan, S.Pd berharap setelah finalisasi IKP sebagai penyelenggara bisa mengetahui pemetaan, prediksi pengukuran dan deteksi dini terhadap wilayah-wilayah prioritas yang diidentifikasi daerah yang berada di level aman, sedang, maupun rawan dalam proses pelaksanaan Pilkada nanti. Sebagai sumber data rujukan dalam pengambilan keputusan dalam rangka antisipasi terhadap hal-hal yang dapat menghambat dan menggangu proses Pikada. Dan ini merupakan perwujudan fungsi pencegahan Bawaslu Sumsel terkait penyelenggaraan Pilkada Muba 2017.

Setelah melakukan pembobotan dan pengolahan data yang dilakukan oleh Tim IKP Bawaslu Sumsel bersama para expert Tim IKP Bawaslu RI, maka didapat hasil IKP Muba Tahun 2017 dari ketiga dimensi Penyelenggaraan, Kontestasi dan Partisipasi Masyarakat. Kerawanan Pilkada Muba terletak di level sedang atau berada di zona kuning, lanjutnya lagi.

Sementara itu, Kepala Bagian Analisis Teknis Pengawasan dan Potensi Pelanggaran (ATP3) Bawaslu RI, Feizal Rachman menegaskan bahwa pertemuan ini juga merupkaan Uji Publik IKP Muba terhadap pihak-pihak yang sudah menjadi sumber data yang dikumpulkan, sebelum dilakukan launching dan diketahui oleh masyarkat luas. Sehingga proses berjalan dengan baik dan mudah-mudahan ini menjadi tradisi baik dan bisa bersama-sama mencegah segala bentuk yang bisa menghambat proses pelaksanaan Pilkada di Muba tahun 2017 nanti.

Kegitan ini juga dihadiri Tim Penyusun IKP Tingkat Pusat Brian Adi P, pimpinan Bawaslu Sumsel Zulfikar, Kasubbag TP3 beserta Tim Assistensi. (Iwan)

Publikasi Terkait

Belum ada komentar

Berilah komentar yang pertama dengan mengisi form di bawah.

Beri komentar