Pali Tutup Rangkaian Bimtek Pengawas TPS se Sumsel

Talang Ubi – Setelah menuntaskan Bimbingan Teknis bagi Pengawas TPS di enam Kabupaten sebelumnya, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (Pali) menjadi Kabupaten terakhir sekaligus menutup rangkaian pelaksanaan Bimbingan Teknis bagi Pengawas TPS di tujuh daerah yang melaksanakan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2015 di Provinsi Sumatera Selatan.

Kegiatan Bimtek dipusatkan di Gedung Pesos Pertamina Pendopo, Kecamatan Talang Ubi pada Rabu (2/12). Sama seperti sebelumnya, jajaran Pengawas Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati dari tingkat Kabupaten, Kecamatan hingga lapangan dan TPS dikumpulkan untuk kemudian diberi pemahaman akan tugas dan fungsi Pengawas terkait Pemungutan dan Penghitungan Suara serentak pada 9 Desember 2015.

Ketua Bawaslu Sumsel, Andika Pranata Jaya dalam sambutannya mengatakan bahwa sejarah Pemilihan pertama di Kabupaten Pali saat ini akan ditorehkan oleh segenap jajaran Pengawas. Ciptakanlah sejarah Pemilihan yang baik demi terwujudnya pemilihan yang demokratis dari rakyat dan untuk rakyat Pali.

Setelah dibukanya acara, kegiatan dilanjutkan dengan pembekalan materi kepada jajaran pengawas. Kegiatan yang dititik tekankan kepada fungsi dan peran Pengawas TPS ini dilakukan dengan cara pemaparan materi, diskusi interaktif dan simulasi pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara, baik sebelum, saat dan sesudah pelaksanaan melalui video sosialisasi.

Setelah pelaksanaan Bimtek ini diharapkan jajaran pengawas, terutama yang berada di tingkatan paling bawah yakni pengawas TPS sebagai garda terdepan dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan mengedepankan tindakan preventif untuk mencegah terjadinya kesalahan prosedur. Pengawas TPS juga ditekankan untuk mencatat segala proses melalui alat kerja yang disampaikan oleh Bawaslu RI serta mendapatkan salinan C1 asli seusai proses penghitungan suara di TPS.

Publikasi Terkait

Belum ada komentar

Berilah komentar yang pertama dengan mengisi form di bawah.

Beri komentar