Bawaslu Pantau Pelaksanaan Pengawasan Pungut Hitung 9 Desember

Selaku pemangku kepentingan tertinggi pada proses pengawasan di Provinsi Sumatera Selatan, Bawaslu Provinsi Sumatera Selatan menerjunkan 3 (tiga) tim yang dikomandoi oleh 3 (tiga) orang Anggota Bawaslu Provinsi Sumatera Selatan pada proses pemungutan dan penghitungan suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2015 serentak di Sumsel.

Tim pertama yang dikomandoi oleh Ketua Bawaslu Sumsel, Andika Pranata Jaya berkeliling di beberapa TPS di seputar Kabupaten Ogan Ilir. Desa Lorok, Kecamatan Inderalaya Utara menjadi desa pertama yang disambangi. Di desa ini 2 TPS dikunjungi, TPS nomor 2 dan 1. Perjalanan dilanjutkan di Kecamatan yang sama, ke Desa Permata Baru  TPS 1. Disini ditemukan petugas KPPS yang belum mengisi formulir C7. KPPS diberikan pemahaman singkat mengenai pentingnya KPPS mengisi formulir C7 tersebut.

Kemudian rombongan Bawaslu Sumsel menyambangi Desa Sungai Rambutan TPS 2 untuk kemudian melanjutkan kembali perjalanan ke Desa Soak Batok. Ketua Bawaslu Sumsel menemukan tidak ditempelnya DPT di papan pengumuman pada TPS 2, Desa Soak Batok Kecamatan Inderalaya Utara. Ditemukan pula banyak pemilih yang menggunakan hak pilih dengan menggunakan identitas seperti KTP, salah satunya di TPS 5, Desa Palem Raya Kecamatan Inderalaya Utara. Setelah dikonfirmasi ke petugas KPPS jumlahnya sebanyak 80 orang pemilih dan terus bertambah.

Ketua Bawaslu pada kesempatan ini juga berdialog dengan beberapa warga yang akan maupun telah menggunakan hak pilihnya. Khusus di Ogan Ilir, beberapa warga mengeluh tidak tercatat namanya di dalam DPT, padahal telah tercatat dalam DPT Pemilu Presiden yang lalu. Namun antuasiasme warga tinggi, terbukti dengan masih datang ke TPS untuk mencoblos meskipun tidak mendapatan C6. Selain itu, Ketua Bawaslu juga mengunjungi sekretariat Panwascam Indralaya Selatan dan Tanjung Raja untuk mengecek hasil pengawasan di tingkat kecamatan dan memastikan pola Paralel Vote Tabulation berjalan dengan baik.

Di tempat lain, Tim kedua yang dikomandoi Anggota Bawaslu Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga, Kurniawan, S.Pd melakukan supervisi di Kabupaten Musi Rawas serta melakukan pemantauan ke beberapa TPS di Kabupaten Musi Rawas diantaranya TPS 007 Kecamatan Tugumulyo, Kelurahan Widodo, TPS 001 dan TPS 003 Desa B Srikaton, Kecamatan Tugumulyo, dan TPS 002 Kelurahan Trikoyo, Kecamatan Tugumulyo.

Sedangkan tim ketiga dikomandoi oleh Anggota Bawaslu Divisi Penanganan Pelanggaran, Zulfikar, SH yang melaksanakan supervisi di Kabupaten Ogan Komering Ulu. Di sini Zulfikar bersilaturahmi ke KPU Kabupaten OKU didampingi Panwas Kabupaten OKU. Di saat yang sama, Komisioner KPU Provinsi divisi Hukum, Ahmad Naafi juga sedang berada di Kantor KPU untuk melakukan supervisi Pungut Hitung.

Publikasi Terkait

Belum ada komentar

Berilah komentar yang pertama dengan mengisi form di bawah.

Beri komentar