Panwas Gandeng KPU adakan Rakor Pungut Hitung di OKU, Panwascam Sampaikan Kendala di OKU Timur

Baturaja – Panitia Pengawas Pemilihan Kabupaten Ogan Komeriing Ulu (OKU) mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) Pengawasan Rekapitulasi Penghitungan Suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2015 bagi Panwas Kecamatan di Kabupaten Ogan Komering Ulu. Jumat (20/11)

Rakor yang diadakan di ballroom hotel Kemuning, Baturaja, Ogan Komeriing Ulu ini dihadiri oleh Pimpinan Bawaslu Provinsi Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga, Kurniawan. S.Pd didampingi Tim Asistensi Pengawasan Bawaslu Sumsel. Selain itu dihadiri pula oleh Ketua KPU Kabupaten OKU Naning Wijaya, ST. Dengan peserta adalah Anggota Panwascam dan Anggota PPK Kecamatan se-Kabupaten Ogan Komering Ulu. Rakor dibuka oleh Ketua Panwas Kabupaten Ogan Komering Ulu Jaka Irhamka. SH.

Pada Rakor ini Ketua KPU, Naning Wijaya menjelaskan agar adanya koordinasi antara penyelenggara sesuai dengan tingkatannya. Naning Wijaya juga mengharapkan jumlah surat suara harus sesuai dengan jumlah DPT ditambah dua setengah persen. Ketua KPU juga memastikan KPPS mendapatkan buku panduan untuk membantu kerja KPPS agar sesuai dalam koridor yang benar, dan meminta bantuan kepada Panwascam, PPL membantu untuk mengawasi, dan melihat secara langsung Proses Rekapitulasi Perhitunngan Suara.

Pimpinan Bawaslu Kurniawan memberi tambahan dan memaparkan pemetaan TPS rawan di Kabupaten Ogan Komering Ulu berdasarkan laporan dari Panwas Kabupaten OKU. Kurniawan menjelaskan berdasarkan potensinya hampir setiap TPS yang ada memiliki titik rawan tergantung dari pengelola KPPS, PPL. Pada rokor ini Pimpinan Bawasllu kurniawan menekankan agar KPPS dan PPL mengerti cara pengisian teknis Rekapitulasi, harus benar-benar dicermati dan juga prosedur-prosedur harus dilaksanakan sesuai ketentuan yang berlaku.

Pada hari yang sama, setelah mengahadiri Rakor pengawasan Rekapitulasi Perhitungan Suara di Kabupaten Ogan Komering Ulu, Pimpinan Bawaslu Sumsel, Kurniawan beserta Tim Asistensi dan Staff Bawaslu Provinsi Sumatera Selatan meghadiri Rakernis Pengawasan Logistik dan Distribusi Logistik Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Ogan Komering Ulu Timur yang bertempat di hotel Ardan, Belitang.

Rakernis Pengawasan Logistik dan Distribusi Logistik di hadiri langsung Panwascam se-Kabupaten OKU Timur. Pada Rakernis ini Panwascam menjelaskan beberapa permasalahan yang ada, diantaranya jarak tempuh. Ada beberapa lokasi TPS yang memiliki jarak tempuh lebih dari 80 KM dari Pusat Kota Kabupaten memiliki kondisi jalan yang buruk, Lokasi TPS yang tidak bisa dilalui melalui jalur darat. Pimpinan Bawaslu Sumsel, Kurniawan menjelaskan untuk permasalahan wilayah-wilayah memliki jarak tempuh jauh  yang sulit dilalui dan letak geografis wilayah tersebut Bawaslu akan berkoordinasi dengan KPU. Ia mengharapkan agar Pengawas yang berada di wilayah tersebut agar tetap fokus pada pengawasan pendistribusian.

 

Publikasi Terkait

Belum ada komentar

Berilah komentar yang pertama dengan mengisi form di bawah.

Beri komentar