Bawaslu Pertegas Peran Pengawasan pada Tahapan Pungut Hitung

Lubuk Batang  – Dalam rangka pelaksanaan peningkatan pengawasan jelang hari pemungutan suara, Panwas Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) menyelenggarakan Rapat Koordinasi Pengawasan Pungut Hitung pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati OKU Tahun 2015 di Zona IV bagi Kecamatan Lubuk Batang, Lubuk Raja, Sinar Peninjauan dan Peninjauan.

Rapat Koordinasi Pengawasan Pungut Hitung pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati OKU Tahun 2015 dihadiri oleh Anggota Bawaslu Provinsi Sumatera Selatan Divisi Penanganan Pelanggaran, Zulfikar, SH yang didampingi Ketua Panwas Kabupaten OKU, Jaka Irhamka, SH. turut hadir Komisioner KPU Kab. OKU Divisi Sosialisasi dan Kampanye, Yudi Risandi, S.Sos., M.Si, serta Ketua dan Anggota Panwascam Lubuk Batang.

Pimpinan Bawaslu Provinsi Sumatera Selatan, Zulfikar, SH pada materinya menyampaikan beberapa poin penting terkait pemungutan suara yang akan dilaksanakan serentak 9 Desember 2015 mendatang. Diantaranya tentang pentingnya peran PPL dan Pengawas TPS dalam pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara.

“Saksi-saksi dan pengawas TPS apabila ada keberatan dalam pelaksanaan pemungutan suara, silakan disampaikan di TPS agar tidak ada lagi keberatan yang muncul di tingkat PPK” ujarnya.

Sedangkan anggota KPU Kabupaten OKU Divisi Sosialisasi dan Kampanye, Yudi Risandi, S. Sos., M. Si menyampaikan hal-hal yang harus diperhatikan saat proses pelaksanaan pemungutan suara. Diantaranya mengenai kesiapan TPS, disiplin waktu saat pencoblosan, data pemilih, sampai pada pengisian form C-1.

“Semua hal harus diperhatikan, jangan sampai terjadi kesalahan fatal yang dapat mempengaruhi proses pemungutan nantinya.”

Terakhir, Ketua Panwas Kabupaten OKU menegaskan kepada seluruh jajaran Panwascam, dan juga PPL serta pengawas TPS untuk tetap melakukan pengawasan terhadap proses pemungutan suara sampai pada penghitungan suara.

Kegiatan yang menghadirkan jajaran PPL dan Pengawas TPS sebagai peserta di Kecamatan Lubuk Batang ini diharapkan dapat mempertegas pentingnya pengawasan yang dilakukan oleh Bawaslu dan jajarannya untuk turut mensukseskan pemilihan yang akan dilaksanakan 9 Desember 2015 nanti. (dil)

Publikasi Terkait

Belum ada komentar

Berilah komentar yang pertama dengan mengisi form di bawah.

Beri komentar