Bawaslu : Fokuskan Pencegahan Pelanggaran di Sentra Gakkumdu

Palembang – Dalam rangka meningkatkan kualitas pencegahan dugaan tindak pidana pelanggaran pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2015, Bawaslu Provinsi Sumatera selatan mengundang Panwas di 7 Kabupaten yang membidangi Divisi Penanganan Pelanggaran guna menghadiri Rapat Kerja Evaluasi Sentra Gakkumdu dan Penanganan Pelanggaran bertempat di sekretariat Bawaslu Provinsi Sumatera Selatan, Jum’at (6/11). Rapat kerja ini juga dihadiri oleh pihak Kepolisian Daerah Provinsi Sumatera Selatan yang diwakili Kasubdit I Ditreskrimum Polda Sumatera Selatan, AKBP Sutriyo, Ketua Bawaslu Sumsel, Andika Pranata Jaya, S.Sos, dan Anggota Bawaslu Sumsel, Zulfikar, SH.

Dalam sambutannya, Ketua Bawaslu Provinsi Sumatera Selatan menghimbau untuk lebih mengaktifkan Sentra Gakkumdu di tingkat Kabupaten dalam proses penanganan pelanggaran sampai pada penyelesaian penanganan pelanggaran tersebut. Andika Pranata Jaya, S.Sos juga menyampaikan, terkait jumlah laporan, jangan ada selisih jumlah laporan antara data Bawaslu Sumsel dan data dari pihak kepolisian daerah Sumsel.

Sementara itu, Kasubdit I Ditreskrimum Polda Sumsel menghimbau kepada pengawas Pemilihan untuk terus melakukan pengawasan partisipatif untuk mencegah terjadinya pelanggaran Pemilihan. Sutriyo juga menambahkan, harus ada komunikasi di tiap kegiatan ataupun tahapan pemilihan dari Panwas Kabupaten kepada Bawaslu agar terjadinya transparansi penegakan hukum.

Dengan adanya pertemuan ini, Bawaslu mengharapkan kepada jajaran pengawas di Kabupaten untuk turut aktif dalam melakukan pencegahan terjadinya tindak pelanggaran pemilihan ataupun dalam hal menangani proses penanganan pelanggaran di wilayah kerjanya masing-masing.

Publikasi Terkait

Belum ada komentar

Berilah komentar yang pertama dengan mengisi form di bawah.

Beri komentar