Bawaslu Siap Tindak Tegas Pelanggaran Siaran Pemilihan

Lubuk Linggau – Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sumatera Selatan menggelar kegiatan Sosialisasi Penyiaran Netral dalam rangka Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2015 di Balai Diklat, Kota Lubuk Linggau, Jum’at (18/9). Acara sosialisasi dihadiri Pimpinan Bawaslu Provinsi Sumatera Selatan, Kurniawan, S. Pd, Komisioner KPU Provinsi Sumatera Selatan, Liza Lizuarni, SE, Komisioner KPID Sumsel, Nurhasanah Akmil, M.Si, Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati, insan pers, serta organisasi pemuda dan mahasiswa.

Dalam sesinya, Pimpinan Bawaslu Sumsel menekankan agar setiap paslon untuk tidak memasang iklan kampanye di media massa selain yang difasilitasi oleh KPU Kabupaten, dan meminta semua pihak terutama KPID sebagai pihak yang berwenang dalam pengawasan iklan media massa untuk berperan aktif dalam pelaksanaan Pemilihan serentak ini.

Selain itu, jika terdapat pasangan calon yang melanggar dalam hal pemasangan iklan media massa akan ditindak sesuai peraturan dan perundang-undangan Pemilihan. Dalam penanganannya, Bawaslu beserta jajaran akan menindak tegas setiap pelanggaran pemasangan iklan dan siaran di media massa di luar jadwal selain yang difasilitasi oleh KPU Kabupaten. Ditambahkannya lagi, apabila terbukti terdapat pelanggaran tersebut, Bawaslu beserta jajaran akan berkoordinasi dengan pihak KPID untuk memberikan sanksi terhadap media yang melanggar. Sedangkan untuk Pasangan calon yang menjadi ranah Bawaslu dan jajaran, dengan jalan memberikan peringatan tertulis untuk menghentikan pemasangan iklan dan siaran kampanye sampai dengan maksimal pembatalan pasangan calon.

.

[Penulis : Rizal]

[Editor : Admin]

Publikasi Terkait

Belum ada komentar

Berilah komentar yang pertama dengan mengisi form di bawah.

Beri komentar