Ketua Bawaslu Paparkan Strategi Pengawasan Kampanye Pilkada

Palembang – Pada sesi awal di hari ke dua, Sabtu pagi (22/08), Rakor Persiapan Pengawasan Kampanye dan Dana Kampanye Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2015 di Provinsi Sumatera Selatan, Bawaslu Provinsi Sumatera Selatan mendapat kehormatan dengan kesediaan Ketua Bawaslu RI, Muhammad memaparkan materi dengan tema Strategi Pengawasan Kampanye.

Di hadapan peserta Rakor, Ketua Bawaslu RI menyampaikan potensi pelanggaran yang biasa terjadi pada Pemilihan Kepala Daerah, mekanisme dan bentuk-bentuk pengawasan yang dapat dilakukan oleh Panitia Pengawas Pemilihan Kabupaten sepanjang tahapan Kampanye. Selain itu yang tidak kalah penting disampaikan perlunya tindak lanjut atas hasil pengawasan dan penekanan pada kerjasama pengawasan dengan stakeholder.

Setelah sesi Ketua Bawaslu RI, pada siang harinya Anggota KPU RI, Ferry Rizkiyansyah didaulat menyampaikan materi seputar Teknis Pelaksanaan Kampanye. Mulai dari kerangka peraturan, pengertian dan ruang lingkup kampanye dijelaskan secara detil olehnya. Termasuk teknis pelaksanaan, pun larangan dan sanksi juga tak luput disampaikan kepada peserta rakor dari tiga instansi tingkat kabupaten.

Sesi terakhir pada hari ini, diisi dengan materi seputar Dana Kampanye. Dengan narasumber Ketua KPU Provinsi Sumatera Selatan, Aspahani, Ketua Bawaslu Provinsi Sumatera Selatan, Andika Pranata Jaya dan penggiat Pemilu yang juga direktur Eksekutif Perludem, Titi Anggraini, Ketua KPU membahas dana kampanye dari sisi mekanisme pelaporan, Bawaslu membahas dana kampanye dari sisi pengawasan dan penggunaannya, sedangkan Titi Anggraini membahas dana kampanye dilihat dari perspektif peran serta masyarakat dalam mengawasi asal dan penggunaan dana kampanye tersebut.

Kegiatan Rakor ini direncanakan akan ditutup pada keesokan hari Sabtu (23/08), dengan materi terakhir Rencana Tindak Lanjut (RTL) sebagai rangkuman sepanjang kegiatan dan perencanaan tindak lanjut atas hasil Rakor. (Admin)

Publikasi Terkait

Belum ada komentar

Berilah komentar yang pertama dengan mengisi form di bawah.

Beri komentar